Pages

follow me

Senin, 13 Mei 2013

Wisata Kali Gua

Kali goa adalah tempat wisata yang terletak di kabupaten brebes, Jawa Tengah. Lebih tepatnya di Kecamatan Paguyangan. Kali gua merupakan kebun teh peninggalan Belanda yang dibangun pada tahun 1889 yang sampai saat ini masih beroperasi. Kali gua terletak di bawah kaki gunung selamet.
Gerbang Wisata Kebun Teh Kaligua
 
Kali goa terletak antara 15 kilometer dari bumiayu atau 10 kilometer dari Paguyangan. Untuk mencapainya bisa melalui jalur utama cirebon bumiayu kali goa atau dari selatan purwokerto bumiayu kaligua. Saat ini jalan jalan di Kali gua sudah cukup bagus karena sudah di aspal tak seperti sebelumnya yang masih bebatuan sehingga untuk mencapai lokawisata kali gua semakin mudah bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti motor maupun mobil.
Wisata Kali gua terletak di ketinggian 1200 sampai 2000 m diatas permukaan laut. Suhu di tempat ini berkisar 4 sampai 12 derajat celcius saat hujan atau saat normal antara 8 hingga 22 derajat celcius. Hampir setiap saat kali gua selalu diselimuti kabut. 
Udara bersih serta pemandangan yang sungguh indah dapat kita lihat di kali gua. Di sini kita juga bisa menikmati keindahan panorama puncak gunung selamet gunung tertinggi ke dua dipulau jawa. Selain itu di tempat tempat menarik di kali gua yang dapat kita temui adalah gua jepang, tuk benih ( sumber mata air ), gua angin, dan tentunya kebun teh yang indah terbentang luas. Fasilitas di kali gua juga cukup baik mulai dari penginapan, wisma, area camping, Out bound, tempat olah raga dan banyak lagi.
Selain itu di kali gua juga terdapat kolam ikan yang dianggap keramat dimana kolam tersebut dipenuhi dengan ikan lele. Kolam tersebut dikenal dengan telaga renjeng oleh warga sekitar. Konon tak ada yang berani menangkap ikan lele di telaga renjeng. Telaga Renjeng ini terletak di tengah hutan lindung dekat lokawisata kebun teh kali gua.
Rekreasi di Kali Gua Jika anda berniat liburan, kali gua bisa menjadi pilihan anda berlibur bersama keluarga. Jalan jalan berekreasi menyusuri kebun teh bisa menjadi pengalaman yang sangat berkesan. Anda akan dimanjakan dengan keindahan alamnya yang sungguh mempesona bahkan bisa dikatakan lebih indah dari lokawisata puncak bogor yang ada di jawa barat.

0 komentar:

Posting Komentar