Pages

follow me

Selasa, 08 Januari 2013

Pesona Gunung Bromo


Gunung Bromo Jawa Timur

 
Satu lagi obyek wisata yang wajib dikunjungi bila sobat sedang berada di Jawa Timur. Gunung Bromo, mendengar namanya pasti kita akan terbayang suasana gunung yang dingin dengan kabut tebal dan kawah yang indah serta pemandangan matahari terbit yang begitu memanjakan setiap mata yang memandang.
 
Nama Bromo diambil dari kata Brahma yaitu dewa tertinggi umat Hindu.Gunung ini merupakan gunung berapi yang masih aktif sampai sekarang.Gunung Bromo terletak di empat kabupaten yaitu Probolinggo, Pasuruan, Lumajang dan Malang.Gunung ini memiliki ketinggian 2.392 meter dpl. Bentuk fisik gunung Bromo  bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas 10 kilometer persegi yang terdapat sebuah pura ditengahnya. Untuk mencapai kawah gunung Bromo dan lautan pasir gampang - gampang susah. Bila sobat tidak kuat untuk mendaki dengan berjalan kaki sobat bisa menyewa kuda dengan harga Rp 70.000.
 
Setelah itu sobat akan berhadapan dengan 250 buah anak tangga untuk didaki. Tapi jangan kuatir semua kelelahan sobat akan terbayarkan apabila sudah sampai di puncaknya. Sobat bisa sepuasnya memandang keindahan kawah gunung Bromo yang mengeluarkan asap dan padang pasir yang luas sembari menunggu datangnya matahari terbit bila sobat mendaki saat fajar, begitu indah.
Setahun sekali masyarakat Tengger penghuni kawasan gunung Bromo melakukan upacara Kasodo. Upacara ini diadakan di pura yang berada di kaki gunung Bromo utara dan berlanjut sampai ke puncak gunung Bromo.Upacara ini diadakan setiap malam bulan pernama pada tanggal 14 atau 15 bulan kasodo (kesepuluh) menurut penanggalan jawa.Jadi bila sobat ingin menyaksikan upacara tersebut, ingatlah tanggal tersebut.

Akses menuju gunung Bromo sendiri relatif mudah. Bila dari kota Surabaya sobat bisa meluncur ke arah selatan menuju Pasuruan.Kemudian sobat belok kearah Tosari trus ke Wonokitri hingga Penanjakan yang kesemuanya itu bisa ditempuh dalam waktu 3 jam perjalanan.
Sekedar tips, siapkan baju hangat yang cukup dan tutup kepala untuk mengurangi suhu dingin, mengingat disana suhu bisa mencapai 0 derajat celcius.

0 komentar:

Posting Komentar